Oleh: kiesaputra | Jumat, 16 Mei, 2008

Ketika Wanita Menangis

Sore ini, ketika lagi berdiskusi dengan partner di Kediri melalui YM, tiba-tiba dikejutkan munculnya popup pemberitahuan datangnya email. Setelah email kubuka, hmmm… kutarik napas dalam-dalam, satu persatu dan menjadi tumpang tindih satu sama lain kenanganku bersama wanita-wanita yang dekat sekali denganku maupun yang pernah kulihat disekitarku muncul bersliweran.

Araceli Herrera

Photo Credit: Araceli Herrera

Aku ingat nenekku almarhum di Bendo Blitar, dan di Jatimalang, ibuku almarhum, bude budeku, bulik bulik ku, kakak dan adik perempuan ku, teman sekolah ku, pacarku dulu, istriku, juga mbok mbok mlijo…. dan semua wanita yang pernah kulihat.

Wajah-wajah mbah-mbah dan ibu-ibu yang kemarin dulu aku lihat antri minyak tanah, ibu-ibu yang kulihat di TV yang menangis mempertahankan warung kaki lima nya digusur bapak-bapak Satpol PP, semua terlempar dalam ingatanku…

Aku sangat menghargai dan menghormati makhluk Tuhan yang satu ini, WANITA. Karena dari sinilah kehidupanku di mulai. Masih mau kurang ajar kepada nya…??

Penghargaan yang tulus, juga kusampaikan kepada pencipta puisi ini – sekaligus mohon ijin untuk memuatnya disini – dan semua saja yang mengirimkan sehingga sampai ke tanganku. Semoga puisi atau apapun namanya ini dapat menggetarkan sanubari kita dan menbawa kesadaran kita setingkat keatas.

Ketika Wanita Menangis

Jika seorang wanita menangis dihadapanmu,

Itu berarti dia tak dapat menahannya lagi.

Jika kamu memegang tangannya saat dia menangis,

Dia akan tinggal bersamamu sepanjang hidupmu.

Jika kamu membiarkannya pergi,

Dia tidak akan pernah kembali lagi menjadi dirinya yang dulu.

Selamanya….

Seorang wanita tidak akan menangis dengan mudah,

Kecuali didepan orang yang amat dia sayangi. Dia menjadi lemah.

Seorang wanita tidak akan menangis dengan mudah,

Hanya jika dia sangat menyayangimu, Dia akan menurunkan rasa egoisnya.

Lelaki, jika seorang wanita pernah menangis karenamu,

Tolong pegang tangannya dengan pengertian.

Dia adalah orang yang akan tetap bersamamu sepanjang hidupmu.

Lelaki, jika seorang wanita menangis karenamu.

Tolong jangan menyia-nyiakannya.

Mungkin karena keputusanmu, kau merusak kehidupannya.

Saat dia menangis didepanmu, Saat dia menangis karnamu,

Lihatlah matanya….

Dapatkah kau lihat dan rasakan sakit yang dirasakannya?

Pikirkan….

Wanita mana lagikah yang akan menangis dengan murni, penuh rasa sayang,

Didepanmu dan karenamu……

Dia menangis bukan karena dia lemah

Dia menangis bukan karena dia menginginkan simpati atau rasa kasihan

Dia menangis,

Karena menangis dengan diam-diam tidaklah memungkinkan lagi.

Lelaki

Pikirkanlah tentang hal itu

Jika seorang wanita menangisi hatinya untukmu,

Dan semuanya karena dirimu.

Inilah waktunya untuk melihat apa yang telah kau lakukan untuknya,

Hanya kau yang tahu jawabannya….

Pertimbangkanlah

Karena suatu hari nanti

Mungkin akan terlambat untuk menyesal,

Mungkin akan terlambat untuk bilang ‘MAAF’!!

Iklan

Responses

  1. Ko… sejak kapan kowe maleh melankolis ngene….opo mergo wis tuwek…kekekekekek..gak kroso yo awak dhewe wis 40…

  2. Hallo Mas Koko… apa kabar? Saya tau blog ini dr thread “ketika wanita menangis” ini di milis smasa. Iseng2 berkunjung… saya ‘tertarik’ dgn salah satu dr wanita2 yg panjenengan ingat… nenek yg di Jatimalang. Kyanya kita tetanggaan deh… keluarga dan leluhur dr bapak saya jg di sana soalnya 🙂
    Regards.

  3. Halo juga Mbak, kalo leluhur jenengan dari Jatimalang ya kita se asal deh…
    Memang saya lahir di Jatimalang, saya cucu nya mbah guru Koesman, jatimalang kidul dewe sebelah barat jalan. Jenengan Jatimalang di mana nya ya?
    Dunia sempat ya mbak… senang ketemu disini 🙂

    Salam

  4. Dat, katanya tambah umur harus tambah peka he he he . .. yang penting semangat masih muda he he he 🙂

  5. Salam kenal !!

    Kalo ada puisi “Ketika Wanita Menangis” …. kenapa gak ada puisi “Ketika Pria Menangis”, pasti lebih ber-sensasi !

    Cheers !

  6. Mas koko…puisinya baguuuus n’ mmg sprti itulah perasaan wanita jika menangis…aku akan suruh cowokku buka blog-nya mas koko deh,biar tau knp aku menangis sesekali didepan dia….soalnya dia malah balik ngomel klo aku nangis.mudah2an dia bisa lebih mengerti ttg problem yg kami hadapi….setelah itu aku ikhlas apapun yg akan terjadi.btw, saya senang punya teman sprti mas koko,mas datyo n’ mas edi. sukses utk karier n’ blognya ya mas ….cheers!

  7. @ Ms. Salute, salam kenal juga.
    Iya knapa gak ada puisi “Ketika Pria Menangis” ya? atau kalau ada nanti di cap Pria cengeng, atau Pria ber-air mata buaya kali ya he3x

    @Mbak Rina D, hmmmm . . . saya nggak ngompori loh :-D. Saya doain smoga cowoknya jadi lebih pengertian dan sebaliknya…

    Salam

  8. om,,,,so swit bangedh,,
    terharu,,,,,
    menyentuh hati dan kalbu..
    smangadh om!!

    ps:ni tmennya cynthia..VL

  9. Hi Nadia, thanks, smoga ada manfaatnya.
    Salam buat temen2mu & Cynthia di VL ya…

    Be good, cool, calm and confident!

    GBU all

  10. 1. Seorang anak laki – laki, dengan uang jajan seadanya.. diberi orang tua nya agar bisa makan di kantin sekolah, atau ongkos transportasi ke sekolah..

    kalian merasa dia akan menggunakan semua uang jajannya?

    dia selalu menabung untukmu selama tiap hari, menahan lapar, menahan segala ajakan teman untuk pergi bermain dan berharap cukup untuk mengajakmu pergi jalan – jalan di hari minggu nanti.., mungkin hanya sekedar nonton atau pergi makan,.. =)

    lalu ketika hari minggu yang dimaksud, engkau jawab : ” duh,.. sori ni kek nya aku gak bisa pegi sama kamu hari ini soalnya diajakin keluarga pegi… maap “

    dah,.. kamu dah sukses menghancurkan perasaan, pengorbanan tu anak laki – laki.. mungkin mereka tak pernah menangis, atau pun curhat sama temannya,.. karna mereka itu jantan! mereka selalu menyimpan perasaannya seorang diri.

    2. Ketika beranjak dewasa, para wanita cantik hanya akan pergi sama cowo yang punya kendaraan roda 4.. ketika pria harus bersaing untuk mendapatkan dirimu, mereka akan lebih berhemat mati2an agar bisa mengajak mu untuk berkencan,..

    ketika engkau mau d ajak pergi, dan kaget untuk pertama kali engkau dijemput memakai motor,..

    lalu engkau menjawab
    ” duh rambut gw rusak nih,…”
    ” duh, siang bolong gini kamu ngajakin aku pergi… panas tau ”
    ” duhhhh, debu, panas… laen kali aja deh ya ? “

    mungkin engkau tidak sadar mengatakannya,.. tapi percaya lah.. hati mereka sakit..

    3. Ketika sudah berkeluarga,… anda tau? mereka kerja banting tulang seharian penuh untuk mencukupi kalian makan..

    tau pepatah ini gak?

    ” Seorang ayah makan telur ayam, sedangkan anak istrinya makan daging ayam “

    Di benak seorang ayah, asalkan anak istrinya bahagia itu udah cukup,..
    kalo perlu gak makan, ato sekedar makan mi instan, asalkan anak istri bisa makan dia uda senang,.. jangan suka menyia2kan uang hasil kerja keras suami mu itu..

    4. Ketika punya anak, sudah meranjak dewasa.. dia kesulitan untuk membiayai keluarganya,.. tapi ada satu hal yang harus kalian tau..

    ” mau ayah / suami mu seorang perampok, pencuri, penjudi atau kriminal lainnya,.. ketika uang itu diberikan pada mu,.. dia ikhlas memberikannya padamu, dan RELA MENANGGUNG DOSA UNTUK MU “

    “Pengorbanan seorang PRIA yang kadang tidak diketahui WANITA ini hanya untuk bahan renungan wanita saja dan memang tidak semua wanita seperti ini kok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: